//
anda sedang membaca...
Uncategorized

Apakah Kandang Kita Sudah Benar ? Cek dulu !

splash4 DOKTERUNGGAS.COM Ketika akan merancang dan membangun kandang untuk ayam broiler, hal yang harus dipertimbangkan pertama adalah ketersediaan air dan ketersediaan udara segar yang baik di lahan yang akan dibangun. Perlu dipertimbangkan ulang bila lahan yang Anda miliki ternyata sulit mendapatkan air ataupun ventilasi yang tidak maksimal karena terhalang oleh tebing atau bangunan fisik lainnya yang lebih tinggi.

Orientasi kandang sedapat mungkin melintang timur-barat untuk mengurangi jumlah cahaya matahari yang langsung masuk ke dalam kandang ataupun sinar matahari yang memanasi sisi samping bangunan kandang (tirai) khususnya pada jam-jam suhu terpanas dalam sehari. Tujuan utama dari konsep ini adalah sedapat mungkin untuk menurunkan fluktuasi antara suhu panas dan suhu dingin dalam 24 jam. Suhu yang nyaman bagi kebutuhan ayam akan mempertinggi efektifitas konversi pakan dan pertumbuhan ayam broiler.

Atap kandang juga harus memiliki permukaan reflektif di bagian atasnya untuk membantu menurunkan konduksi panas dari sinar matahari dan juga atap harus terinsulasi agar panas dari atap kandang tidak mempengaruhi suhu di dalam kandang. Selain itu sedapat mungkin agar pantulan sinar matahari dari tanah atau bangunan di sekitar kandang tidak masuk ke dalam kandang karena pantulan sinar matahari ini masih mengandung UV (ultra violet) yang ternyata juga mempengaruhi suhu didalam kandang. Oleh karena itu beberapa pengusahan perunggasan sudah menggunakan bionet untuk mengurangi intensitas UV ini.

(Baca Juga : Atap yang baik untuk Kandang Ayam Agar Sejuk dan Dingin)

Sistem pemanasan juga perlu ditata sedemikian rupa agar pada masa brooding tidak mengalami kendala, khususnya pada kondisi suhu luar yang sedang dingin. Selain itu, system ventilasi harus juga disediakan untuk membantu penyediaan oksigen dan mempertahankan kondisi temperature yang optimum untuk ayam. Penataan lampu untuk program pencahayaan harus ditata agar distribusi cahaya merata hingga lantai kandang. Sedapat mungkin perlu disediakan timer otomatis untuk memudahkan pelaksanaan program pencahayaan.

Hal-hal di atas merupakan faktor essensial yang harus kita perhatikan sejak awal. Kesalahan sejak awal pembangunan kandang akan menjadi bahaya laten yang secara tidak sadar akan menggerogoti potensi keuntungan kita sebagai pengusaha perunggasan. Percaya atau tidak percaya silahkan dibuktikan.

(Baca juga : Pak Agung Peternak Sukses di Bandung, Baca Kisah Sukses nya di SINI )

Efektif atau tidaknya kandang bukan dilihat dari elitnya atau tingginya investasi yang Anda keluarkan, tetapi lebih pada efektif atau tidaknya kandang tersebut dalam menyediakan suasana yang nyaman sesuai dengan yang dibutuhkan oleh ayam. Oleh karena itu pahami dulu apa yang dibutuhkan oleh ayam selanjutnya konsultasikan kepada Polutry Technical Advisor dan akhirnya kontaktor Anda siap membangun kandang. Salam Peternak HEBAT !

LOGO DOKTERUNGGAS

About AlvinParadiptya

Untuk Info dan Pemesanan produk hubungi : 0856 55 28 11 14

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

LIPUTAN MEDIA

KAMI TERPERCAYA BY POLISI

JUAL BIBIT DOC AYAM BROILER

KAMI TERPERCAYA

PRODUK TERLARIS

Produk Untuk Meningkatkan Bobot Ayam Broiler

Obat Cekres atau Ngorok ayam (CRD)

Produk untuk meningkatkan produktivitas telur ayam layer

produk untuk meningkatkan bobot bebek

produk untuk mengurangi bau amoniak kandang

produk untuk membunuh lalat dalam 3 detik

KISAH NYATA PETERNAK MEMAKAI “VITERPAN”

KISAH NYATA PETERNAK MENGGUNAKAN ” TOXILAT”

KISAH NYATA PETERNAK MEMAKAI “PROTEXOL”

Temukan Kami di Twitter

%d bloggers like this: