//
anda sedang membaca...
Uncategorized

Cara Menyimpan Vaksin Ayam

  1. Saat listrik padam, apakah vaksin yang disimpan pada almari es akan bermasalah?

  2. Kadang vaksin AI (H5N1) disimpan dalam almari es bersama dengan makanan. Apakah vaksin AI tersebut berpengaruh pada makanan?

Jawab :

  1. Saat listrik padam sehingga almari es mati maka dalam interval waktu tertentu suhu dalam almari es akan meningkat. Selama suhu almari es masih dalam interval 2-8oC maka hal ini tidak akan mempengaruhi kualitas vaksin. Oleh karena itu saat listrik padam dan kita tidak memiliki generator listrik (genset) maka alternatifnya di dalam almari es ditambahkan es sehingga suhu almari es tetap optimal untuk penyimpanan vaksin.

Vaksin yang disimpan melebihi suhu 2-8oC selama selang waktu tertentu hendaknya jangan disimpan kembali, meskipun secara fisik tidak ada perubahan. Saat suhu almari es melewati batas suhu penyimpanan, yaitu 2-8oC dikhawatirkan kandungan mikroorganisme vaksin berkurang sehingga dosis vaksin juga menurun. Akibatnya saat diberikan ke ayam tidak akan mampu menstimulasi pembentukan titer antibodi secara optimal.

Jika suhu vaksin telah meningkat, melebihi suhu penyimpanan 2-8oC dalam waktu kurang dari 2 jam untuk vaksin aktif dan 24 jam untuk vaksin inaktif maka vaksin tersebut masih bisa pada ayam. Karena pada dasarnya vaksin aktif harus habis diberikan selama 2 jam dan vaksin inaktif harus diberikan maksimal 24 jam setelah dikeluarkan dari suhu penyimpanan. Selain itu, kualitas vaksin juga bisa diketahui dari masa expired date, keadaan fisik, tutup maupun kemasannya serta tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Sudah selayaknya jika kita memiliki tempat penyimpanan vaksin (almari es) sendiri akan lebih baik jika kita juga mempunyai generator listrik.

2. Penyimpanan vaksin AI (H5N1) secara bersamaan (satu tempat, red) dengan makanan tidak akan berpengaruh pada makanan. Hal ini disebabkan vaksin ini berada dalam kemasan yang tertutup rapat (vakum). Jika kita mengkhawatirkan adanya kontaminasi virus AI pada makanan maka hal ini tidak mungkin karena virus AI yang terkandung dalam vaksin AI telah dimatikan (diinaktifkan).

Meskipun demikian, alangkah lebih baiknya jika vaksin disimpan secara terpisah dengan tempat makanan. Hal ini untuk menghindarkan hal-hal yang memungkinkan rusaknya vaksin, misalnya suhu yang berfluktuatif akibat seringnya buka-tutup pintu almari es maupun kemasan vaksin menjadi kotor yang diakibatkan oleh makanan tersebut. Selain itu, untuk menghindarkan kerusakan atau retaknya kemasan vaksin akibat kita sering menggeser-geser vaksin saat meletakkan atau mengambil vaksin.

Salam !

http://www.DokterUnggas.com

About AlvinParadiptya

Untuk Info dan Pemesanan produk hubungi : 0856 55 28 11 14

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

LIPUTAN MEDIA

KAMI TERPERCAYA BY POLISI

JUAL BIBIT DOC AYAM BROILER

KAMI TERPERCAYA

PRODUK TERLARIS

Produk Untuk Meningkatkan Bobot Ayam Broiler

Obat Cekres atau Ngorok ayam (CRD)

Produk untuk meningkatkan produktivitas telur ayam layer

produk untuk meningkatkan bobot bebek

produk untuk mengurangi bau amoniak kandang

produk untuk membunuh lalat dalam 3 detik

KISAH NYATA PETERNAK MEMAKAI “VITERPAN”

KISAH NYATA PETERNAK MENGGUNAKAN ” TOXILAT”

KISAH NYATA PETERNAK MEMAKAI “PROTEXOL”

Temukan Kami di Twitter

%d bloggers like this: