//
anda sedang membaca...
Uncategorized

Cara Menghentikan Kotoran Ayam Petelur yang Basah

Menjelang siang 18 April 2013 kami memasuki gerbang Kota Blitar. Sejenak kami melewati kota untuk menuju arah Kediri, ke tujuan kami di Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar. Di traffic light perempatan polwan, kami belok ke kanan langsung ke jantung kota kecamatan. Pemandangan khas pedesaan menyapa kami dengan bentangan persawahan di kanan kiri jalan. Ponggok adalah salah satu kecamatan sentra peternakan ayam petelur rakyat di Blitar. Layaknya masyarakat Madura yang hampir tiap keluarga memelihara sapi, di sini hampir tiap keluarga memelihara ayam petelur mulai dari sekedar beberapa ratus ekor sampai beberapa ribu ekor. Tak terkecuali sosok yang akan kami kunjungi ini.

chicken1

Senyum ramah nan hangat Sudaryanto sekeluarga menyambut begitu kami membuka pintu mobil di halamannya yang luas asri. Sudaryanto tinggal di Dusun Sumber Nanas, Desa Ponggok, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar – Jawa Timur. Peternakan 2.500 ekor ayam petelur dikelolanya bertahun-tahun sebagai pekerjaan bersama keluarganya. Semua hal dikerjakannya sendiri, mulai dari: membuat kandang dari bilah bambu, memelihara pullet (dari DOC sampai menjadi ayam petelur remaja), mengolah pakan self mixing, membeli makan dan minum ayam, memungut telur tiap hari sampai membersihkan area kandang. Untuk memasarkan hasil telur, sudah ada bakul langganan yang menjemput langsung di lokasi kandang. Sayang kami tidak bisa mengabadikan proses penimbangan saat telur dijual karena, kata Sudaryanto, baru kemarin telur diambil bakul. Biasanya bakul datang 2-3 hari sekali.

Kami memilih Sudaryanto sebagai salah satu peternak untuk pemakaian perdana produk Zipromax karena figur yang satu ini sesuai dengan yang kami cari, yaitu: pekerja keras, berkemauan keras, selalu mau belajar dan teachable (bersedia mengikuti aturan main yang kami tentukan yakni melaporkan perkembangan hasil pemakaian Zipromax setiap minggu).

Maka 1 jerigen Zipromax isi 5 liter dipergunakan pada 1 kandang ayam petelur produktif berumur 1,5 tahun sebanyak 650 ekor dan 1 kandang pullet mulai dari DOC sampai umur 26 hari (saat kunjungan kami ini). Dosis yang kami tentukan adalah 1 sendok makan (5 cc) dilarutkan ke setiap 4-5 liter air minum. Berikan ke ayam umur berapapun dengan jangka pemberian 5-6 jam harus sudah habis.

Melalui handphone Sudaryanto tiap minggu rutin mengabarkan dengan antusias berbahasa Indonesia campur Jawa bahwa ayamnya sehat-sehat, makannya baik, produksi telur stabil tak naik turun, telurnya terasa lebih berat dan kuning telur lebih kuning warnanya. Yang paling disuka adalah kotoran ayamnya menjadi mringkil-mringkil (Bhs. Jawa = kering dan padat, tidak basah) meski minumnya begitu hebat. Efek baiknya, tumpukan kotoran di bawah kandang tidak tampak lagi dipenuhi larva-larva lalat (belatung) yang menjijikkan bagi yang tak biasa melihatnya. (Saksikan video berjudul ‘Zipromax Petelur Blitar’ di sebelah kanan).

Begitulah, DokterUnggas.com meluncurkan produk terbaru dengan merk Zipromax sebagai berita gembira bagi dunia peternakan unggas sebagaimana juga bisa di baca di artikel sebelum ini yang berjudul ‘Secercah Harapan Peternak Ayam Broiler Di Bogor – Jawa Barat‘. Peternak yang sering kali menghadapi persoalan kualitas pakan yang tak menentu akan menemukan solusinya pada Zipromax. Persoalan wet dropping (kotoran/feces basah) yang kerap dialami baik ayam petelur maupun pedaging akibat faktor kualitas pakan atau gangguan sistem pencernaan unggas terbukti terselesaikan dengan pemakaian Zipromax. Beberapa rekan dokter hewan menggarisbawahi bahwa jika kotoran ternak kering dan padat (tidak mencret) mengindikasikan ternak sehat dengan pencernaan yang sempurna.

Semoga kehadiran Zipromax bisa kembali menggairahkan semangat usaha budidaya ternak ayam, bebek dan puyuh baik pedaging maupun petelur. Jayalah Peternak Indonesia !

 

About AlvinParadiptya

Untuk Info dan Pemesanan produk hubungi : 0856 55 28 11 14

Discussion

2 thoughts on “Cara Menghentikan Kotoran Ayam Petelur yang Basah

  1. Pak kalau saya mau beli dn ingin jadi perwakilan jual di kampung apa bisa dn gmn caranya

    Posted by Dadik | July 5, 2014, 9:25 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

JUAL BIBIT DOC AYAM BROILER

KAMI TERPERCAYA

PRODUK TERLARIS

Produk Untuk Meningkatkan Bobot Ayam Broiler

Obat Cekres atau Ngorok ayam (CRD)

Produk untuk meningkatkan produktivitas telur ayam layer

produk untuk meningkatkan bobot bebek

produk untuk mengurangi bau amoniak kandang

produk untuk membunuh lalat dalam 3 detik

KISAH NYATA PETERNAK MEMAKAI “VITERPAN”

KISAH NYATA PETERNAK MENGGUNAKAN ” TOXILAT”

KISAH NYATA PETERNAK MEMAKAI “PROTEXOL”

Temukan Kami di Twitter

  • Di Cari Rumah Potong Ayam (RPA) yang di JUAL, hubungi kami,jika deal akan kami beri komisi menarik untuk anda. hp;0856 55 28 11 14 2 days ago
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 26 other followers

%d bloggers like this: